image1 image2 image3

Selamat datang di blog saya|disini terdapat beberapa potret pembangunan indonesia|yang dibahas dengan rinci|aktual dan terpercaya|inilah|Neraca Pembangunan Nusantara

Ada Cerita Disepanjang Jalan Raya

Haii... How are you guys ? Pasti baik kan kabar kalian temen-temen. Gimana ? Masih penasaran ya, tentang pembangunan yang diusahakan oleh pemerintah Indonesia ? Nih langsung cekidot aja bray...

Ngomong-ngomong soal jalan raya, apa kalian tahu apa itu jalan dan apa itu jalan raya ? kalau belum tau disimak baik baik ya..

Jalan adalah. prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan/atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori, dan jalan kabel (Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006).

Jalan raya adalah jalur - jalur tanah di atas permukaan bumi yang dibuat oleh manusia dengan bentuk, ukuran - ukuran dan jenis konstruksinya sehingga dapat digunakan untuk menyalurkan lalu lintas orang, hewan dan kendaraan yang mengangkut barang dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan mudah dan cepat (Clarkson H.Oglesby,1999)

Udah tau kan apa itu jalan dan apa itu jalan raya ? sekarang tinggal cerita yang menyelimuti jalan raya. Waahh kayak film horor aja ya. Hihihi. Jalan raya pertama dibuat oleh Herman William Daendels yang memperbudak rakyat indonesia membuat jalan sepanjang -+1000km pada tahun 1809-1810 yang bertujuan memperlancar mobilisasi di pulau jawa. Sekarang pemerintah indonesia telah menyadari betapa pentingnya jalan bagi penyebaran produk pangan dan perindustrian. Oleh karena itu, dibangunlah jalan-jalan sebagai penghubung antar desa, kecamatan, provinsi, bahkan antar pulau dengan memanfaatkan jembatan sebagai penghubungnya.

Bahkan Pemerintah telah sadar betapa pentingnya Jalan sebagai Infrastruktur nomor 1. Yang berguna menunjang kelancaran semua kegiatan perindustrian, pendidikan dan lainnya. Bahkan sekarang, jalan jalan sudah memasuki kawasan terpencil, terutama di pulau jawa. Ini contohnya bray.



Gambar diatas merupakan jalan yang menghubungkan sebuah desa kecil menuju kota yaitu Desa Kampungbaru, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, yang berada di kaki Gunung Kelud. Menuju Kota Pare, kemudian ke Kota Kediri, Jawa Timur. Dulu, jalan disini sangatlah sulit di jangkau dan sering terjadi kecelakaan yang disebabkan jalannya rusak dan berlumpur, jadi yaa licin-licin gitu. Namun sekarang semua orang telah merasakan manfaatnya.

Kini upaya pemerintah memanglah sangat memudahkan masyarakatnya dalam mobilitas, sehingga kegiatan perindustrian dalam masyarakat dapat berjalan dengan lancar. Namun, kita tahu bahwa di dalam buah mangga yang harum pasti terdapat bijinya, cielahh. Ya, maknanya disetiap pekerjaan pemerintah kita pastilah ada kekurangannya. Mau tahu apa aja kekurangan dalam kinerja pemerintah ? Nih cekidot aja bray.. Nanti saya juga kasih solusinya kok, jadi temen-temen gak perlu khawatir...

Kecelakaan Akibat Jalan Rusak

Kecelakaan akibat jalan rusak baru-baru ini menurut pengamatan saya lihat berita tepatnya, agaknya meningkat hingga 50%(lihat disini) dari tahun lalu yang 40%(lihat disini), dan sekitar 70% adalah kecelakaan kendaraan roda 2.

Pemerintah patutnya juga memperhatikan tentang ini, karena resiko kecelakaan di Indonesia yang disebabkan oleh jalan yang rusak lebih besar dari pada kecelakaan akibat kerusakan mesin ataupun karena mengantuk. Karena biasanya kecelakaan akibat jalan yang rusak terjadi pada jalan-jalan ramai, yang sulit dilihatnya jalan rusak. Sehingga korban akan kaget dan jatuh, kemudian paling sering terjadi adalah setelah jatuh kemudian menabrak kendaraan dari arah berlawanan sehingga menyebabkan kecelakaan yang fatal. Berikut merupakan kecelakaan akibat jalan yang rusak, menurut informasi yang saya dapatkan.


Pertama, Kecelakaan sepeda motor dan truk yang terjadi pada 03 Oktober 2016. Menimpa seorang pelajar dari Ds.Kepung Kec.Kepung Kab.Kediri. Detail kejadian yang berhasil saya himpun dari informasi masyarakat, adalah korban mengendarai kendaraannya dari arah timur menuju arah barat di Jl.Harinjing, kemudian berkeinginan mendahului sebuah truk yang menuju kearah barat juga, namun ia tersenggol bagian truk dan melewati jalan berlubang iapun kehilangan keseimbangan dan tidak dapat mengontrol sepeda motornya. Pada saat yang sama ada truk dari arah berlawanan, kecelakaan pun tak dapat dihindarkan. Korban pun tewas ditempat.



Kedua, Kecelakaan sepeda motor dan truk yang terjadi pada awal bulan oktober 2016 di depan pemakaman umum Ds.Siman Kec.Kepung Kab.Kediri, Jawa Timur. Kejadiannya serupa dengan yang terjadi pada 3 oktober 2016, namun yang menjadi korban adalah seorang Ibu Rumah tangga bersama kedua anaknya. Disini memang banyak terjadi kecelakaan, yang paling sering korbannya adalah ibu-ibu. Sehingga menimbulkan kepercayaan bahwa yang menyebabkan kecelakaan adalah makhluk halus korban kecelakaan yang dulu pernah terjadi. Tetapi nyatanya kecelakaan diakibatkan jalan yang berlubang dan contur jalan yang tidak rata. Sehingga disini sering terjadi kecelakaan. Apalagi saat musim hujan, disini sering terjadi banjir sehingga jalan yang berlubang tidak terlihat.


Perhentian Pembangunan Jembatan

Jembatan merupakan salah satu infrastruktur yang berpengaruh pada mobilitas masyarakat. Coba kita tengok di jembatan yang menghubungkan 2 pulau yaitu pulau Madura dan pulau Jawa, Jembatan Suramadu tepatnya. Wow, menajubkan bukan, bayangkan jika jembatan itu tidak ada ? maka kelancaran mobilitas akan terganggu dan tidak lancar seperti biasanya. Coba kalian lihat jembatan ini.



Ini adalah potret jembatan yang menghubungkan Dsn.Mulyorejo dan Ds.Kampungbaru Kec.Kepung Kab.Kediri Jawa Timur. Dulu, disini pernah terjadi tragedi yang sangat memilukan, pada awal tahun 2016 terjadi kecelakaan truk pemuat batu. Cerita yang saya dapat dari masyarakat adalah, kecelakaan diakibatkan muatan truk yang terlalu berat ditambah kondisi jalan yang licin dan terjal, sehingga truk tidak bisa menaiki jalan yang licin. Akhirnya truk mundur dengan cepat dan terjun bebas kedalam jurang yang tidak ada pembatasnya itu, kurang lebih kedalaman  jurang 15 meter. 2 orang tewas yaitu sopir dan keneknya. Untungnya satu pekerja selamat setelah melompat dari atas truk dan mendarat di bibir jurang, namun ia terpukul dan trauma atas kejadian yang menimpanya dan temannya itu. Kemudian untuk mengantisipasi terjadi hal yang sama, warga bergotong-royong membangun pembatas. Ini menjadi PR pemerintah dalam menghadapi sekecil apapun keluhan masyarakatnya.

Namun, perlu temen-temen tahu bahwa kecelakaan tidak sepenuhnya salah pemerintah yang lalai akan kondisi jalan. Kecelakaan tidak akan terjadi jika kita terus waspada dan meningkatkan kehati-hatian kita. Sadar akan aturan berlalu lintas, berarti ia sadar akan keselamatannya. Bener nggak temen-temen..

Untuk mengatasi hal-hal tersebut pemerintah juga mulai merefisi kondisi jalan agar kenyamanan masyarakat terjaga. Nih temen-temen, kalian cek aja kinerja pemerintah kita


ü Upaya Penambalan Jalan Yang Berlubang

Penambalan jalan yang berlubang merupakan salah satu program pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur jalan raya menjadi lebih nyaman di lewati oleh masyarakat. Hal ini bisa menunjang mobilitas di masyarakat menjadi normal kembali. Gambar disamping merupakan penambalan jalan di Jl. Harinjing Kec.Kepung Kab,Kediri Jawa Timur. Karena laporan dari masyarakat banyak kecelakaan tunggal saat melintas karena lubang tertutup oleh genangan air hujan.


ü Upaya Perbaikan Jalan

Begitu juga dengan perbaikan jalan, merupakan program pemerintah yang digencarkan untuk memberantas jalan rusak.cielaahh.. bener gak temen-temen ? coba bayangkan kalau jalan kita rusak semua. Wahh pasti kacau dehh. Maka dari itu pemerintah memandang dengan perhatiannya membangun kembali jalan yang sudah mulai rusak. Gambar di samping, merupakan perbaikan jalan yang dilakukan di barat perempatan Papar, Kab. Kediri Jawa Timur.


Nahh.... Gimana temen-temen ? udah tahu kan soal pembangunan jalan raya, kekurangan kinerja pemerintah dan kelebiahannya. Namun ada pesan juga teman-teman, kita sebagai warga negara Indonesia patut menjaga negara kita, jangan lah kita merusak kekayaan Indonesia kita temen-temen. Sebenarnya jika pemerintah dan masyarakan saling berkesinambungan maka akan terjalin ikatan yang kuat sehingga bisa membangun Indonesia ini ke Kemajuan Nusantara. Nahh sekian dulu yaa di episode ini, hehehe. Kalau masih penasaran tentang pembangunan Indonesia yang lain bisa cek sendiri kok. Oke, bye-bye....

Salam Anak Bangsa.... 

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar